PP NOMOR 40 TAHUN 2019 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN ADMINDUK

Posted by INFO SEKOLAH KITA on Monday, June 24, 2019

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 2019 PDF

Download / Unduh Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 2019 PDF. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan bahwa layanan administrasi kependudukan (Adminduk) diperluas hingga menjangkau WNI di luar negeri.

Hal itu telah diamanahkan oleh Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 2019. "Ada PP baru Nomor 40 Tahun 2019 terkait pekerjaan kita. Kalau dulu dibatasi di dalam negeri. WNI kita di luar negeri dulu tidak tertangani, maka PP ini memberikan ruang gerak bagi kita untuk menjangkaunya," kata zudan saat memberikan arahan di acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Adminduk se-Jawa Barat, Hotel Grand Mercure, Rabu (19/6).

"Dengan PP itu kita diberi ruang gerak untuk melaksanakan layanan Adminduk di 130 perwakilan RI di luar negeri," tambahnya.

Secara pribadi, Zudan sangat mengapresiasi PP baru itu. Menurutnya, PP tersebut sesuai dengan semangat Dukcapil untuk memberi manfaat pada semua WNI di manapun berada.

"Yang di Australia ada layanan Dukcapil Kedutaan RI. Jadi jangan dilarang nanti, kalau semua Kadis (Kepala Dinas) Dukcapil Jabar supervisi ke Arab Saudi mengecek layanan Dukcapil di sana," ujar Zudan yang langsung disambut tepuk tangan audiens.
"Jangan dilarang juga kalau bulan September Kadis Dukcapil mau umroh bareng karena pekerjaannya semua ditandatangani (via tanda tangan digital) dari Mekah dari Madinah," jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, WNI di luar negeri yang belum memiliki NIK dapat memiliki tanda identitas serupa. Pemerintah dapat menerbitkan Nomor Induk Tunggal (NIT) bagi mereka.

"Oleh karena itu perluasan ini kita niatkan sebagai ibadah. Dengan demikian semangat kita tidak boleh kendor," tandasnya. Dukcapil

Bagi Anda yang ingin membaca lebih lanjut terkait Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 2019 Tentang Administrasi Kependudukan Adminduk.  Silahkan download melalui link yang ada di bawah ini


Demikian informasi terkait Link Download / Unduh Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 2019 Tentang Administrasi Kependudukan Adminduk (pdf).  Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

= Baca Juga =



Blog, Updated at: June 24, 2019

0 komentar:

Post a Comment

Search Artikel

Featured Post

Pengumuman Rincian Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2021

Link Download Pengumuman Formasi CASN (CPNS dan PPPK) Tahun 2021 . Pemerintah pada tahun 2021 ini akan membuka seleksi CPSN dan seleksi PPP...

BLOG PKN

------------------------------------------


Statistik Blog

Popular Posts

CB